Bacil (Bakso Cilok) Pedas

Anda sedang mencari inspirasi resep Bacil (Bakso Cilok) Pedas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bacil (Bakso Cilok) Pedas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bacil (Bakso Cilok) Pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bacil (Bakso Cilok) Pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bacil (Bakso Cilok) Pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bacil (Bakso Cilok) Pedas memakai 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Udah lama ingin bikin ini gara2 teman bakuler yg dijawa barat sering upload. Alhamdulillah akhirnya kesampaian juga asli puedes banget sampai berkeringat makannya. enak, empuk gak alot pula

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bacil (Bakso Cilok) Pedas:

  1. Bahan Bacil :
  2. 250 gr tepung terigu
  3. 250 gr tepung kanji/tapioka
  4. 3 siung bawang putih, haluskan
  5. 1 sdt merica utuh (1/2 sdt lada bubuk)
  6. 1 sdt kaldu bubuk
  7. 1 sdt garam
  8. 2 batang daun seledri
  9. 500 gr air panas
  10. Bumbu Pedas :
  11. 5 siung bawang merah
  12. 3 siung bawang putih
  13. 11 cabe merah
  14. 9 cabe rawit, optional
  15. 2 lbr daun jeruk
  16. 1 batang daun bawang, iris tipis
  17. 1 sdt kaldu bubuk
  18. 1/2 sdt garam
  19. 1/2 sdt gula pasir
  20. 150 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Bacil (Bakso Cilok) Pedas

  1. Cara membuat bacil : taruh terigu, bawang halus, lada & 150 gr tepung kanji & bahan lainnya dalam wadah, tuang air panas & aduk dengan centong kayu lalu tambahkan sisa tepung kanji. Saya gak pake semua tepung kanjinya saya sisakan -/+ 3 sdm. Aduk hingga tercampur rata
  2. Setelah agak hangat uleni dengan tangan hingga tercampur rata & kalis, jangan lupa pake sarung tangan plastik. Me pake plastik 1 kg 😊. Bentuk adonan bulat2 kecil. Lakukan hingga adonan habis
  3. Didihkan air dipanci beri sedikit minyak goreng, -/+ 2 sdm. Masukkan adonan yg sudah dibentuk bulat. Rebus hingga bacil mengapung tunggu -/+ 10 menit setelah mengapung, lalu angkat & tiriskan.
  4. Cara membuat bumbu pedas : haluskan bumbu pedas bisa diuleg/diblender
  5. Panaskan minyak goreng Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun bawang tumis sebentar, masukkan air tambahkan, garam, kaldu bubuk.
  6. Masukkan bacil, aduk hingga tercampur rata, tes rasa matikan api
  7. Bacil pedes siap disajikan & rasanya pedes banget jadi yang kurang suka pedas bisa dikurangi cabenya. Bacilnya juga enak, empuk & gak alot. Meski kepedesan anakku gak berhenti makan

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Bacil (Bakso Cilok) Pedas yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Bakso sapi homemade NCC

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakso sapi homemade NCC yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan...
haryanisitompul@gmail.com
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.