Baso Aci

Anda sedang mencari inspirasi resep Baso Aci yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Baso Aci yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Baso Aci, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Baso Aci enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Baso Aci sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Baso Aci memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kalau siang-siang paling enak makan baso aci, kenyal dan gurih. Bahan sederhana banget.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Baso Aci:

  1. Cilok :
  2. 150 gr Tepung Terigu
  3. 150 gr Tapioka / Kanji
  4. 2 sdt Garam
  5. 2 sdt Kaldu bubuk
  6. 1/2 sdt Lada bubuk
  7. secukupnya Daun bawang
  8. 250-280 ml Air panas
  9. Cuanki Lidah :
  10. 100 gr Tapioka / Kanji
  11. 1 sdt Garam
  12. 1/2 sdt Kaldu bubuk
  13. Secukupnya Air Hangat
  14. Cikur :
  15. 50 gr Tapioka / Kanji
  16. 1/2 sdt Garam
  17. 1/4 sdt Kaldu bubuk
  18. 1 ruas jari Kencur
  19. 2-3 sdm Air panas

Langkah-langkah untuk membuat Baso Aci

  1. Campur semua adonan cilok. Masukkan sedikit demi sedikit air panas. Aduk dengan sendok atau spatula jika sudah agak hangat aduk dengan tangan saja supaya cepat. Jika sudah merata dan halus adonannya. Bulat-bulatkan adonan.
  2. Siapkan panci berisi air jika sudah mendidih masukkan adonan cilok kedalamnya dan biarkan hingga mengambang, beri 1 sdm minyak goreng supaya cilok tidak saling menempel. Angkat jika semua sudah mengambang ke atas semua.
  3. Selanjutnya masukkan semua adonan cuanki ke dalam mangkok, masukkan air hangat sedikit-sedikit saja sampai bisa di bentuk. Ambil sebagian adonan lalu pipihkan dan tekan dengan garpu.
  4. Siapkan wajan berisi minyak, masukkan semua adonan cuanki, lalu nyalakan api kecil saja. Goreng cuanki sampai kering. Jika cuanki sudah mengambang semua, tanda cuanki udah matang lalu angkat dan tiriskan.
  5. Nah terakhir bikin adonan cikurnya. Masukkan semua bahan lalu air panas secukupnya aja hingga bisa di bulatkan-bulatkan. Bentuk bulat kecil-kecil seperti pilus.
  6. Masukkan kedalam minyak dingin terlebih dahulu lalu nyalakan api kecil. Tunggu hingga kulit luarnya mengeras dan angkat.
  7. Tata dalam mangkok (cilok, cuanki lidah dan cikur). Beri kuah (Air,garam, kaldu bubuk, dam tetelan) dan cabe bubuk serta jeruk limau/jeruk nipis. Selamat menikmati.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Baso Aci yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Bakso sapi homemade NCC

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakso sapi homemade NCC yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan...
haryanisitompul@gmail.com
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.