Mangut Iwak Manyung>

Anda sedang mencari inspirasi resep Mangut Iwak Manyung yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Mangut Iwak Manyung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mangut Iwak Manyung, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Mangut Iwak Manyung enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Mangut Iwak Manyung adalah 3 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Mangut Iwak Manyung diperkirakan sekitar 30 mnt.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Mangut Iwak Manyung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mangut Iwak Manyung memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setelah baru-baru ini Timlo kedatangan mbak @Erma_Dapur_Michaela dari Semangcook dan membawakan beberapa resep masakan khas Semarang, dan pilihanku jatuh kepada Mangut ndas Manyung. Mangut pun cukup dikenal disini namun biasanya berbahan ikan lele. Sewaktu mencari endas manyung dipasar, yang tersedia disini hanya daging iwak Manyung. Dan karena terlanjur kepingin masak mangut, jadilah mangutnya dari daging iwak Manyung saja. Tetapi selain ikan asap iwak manyung ada juga iwak Pe yang tersedia di pasar. Tentu saja pasti ada perbedaan antara iwak pe (ikan pari asap) dan iwak mayung (ikan lele laut asap). Namun rasa ikan asapnya pasti tidak berbeda jauh. Dan tentu saja sama-sama enak pakai banget. Yuk mari langsung cus… Source Dapur Halal (Indri) @indriana https://cookpad.com/id/resep/14296543-mangut-ndas-manyung?ref=you_tab_saved&find_method=you_tab_saved #TimloCooksnap_Semarang #Rekreasi_Semarang #KulinerKhasSemarang #Mangut #MangutIwakManyung #CookpadCommunitySolo #WongSoloMasak #MasakItuSaya #CookpadIndonesia #Resep_RhymerwidKitchen

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mangut Iwak Manyung:

  1. 3 potong iwak pe/aslinya kepala iwak manyung
  2. Bumbu iris
  3. 3 siung bawang merah (iris)
  4. 2 siung bawang putih (iris)
  5. 6 buah cabe merah (iris serong)
  6. 6 buah cabe hijau (iris serong)
  7. 1 buah tomat iris kotak2
  8. Secukupnya cabe rawit (optional)
  9. Bumbu lain
  10. 1 cm lengkuas (geprek) skip ganti jahe
  11. 1 ruas kencur (geprek)
  12. 1/3 lingkaran kecil gula jawa
  13. 2 lembar daun jeruk angka 8 (sobek)
  14. 2 lembar daun salam
  15. 1 sdm lada bubuk
  16. 1 sdm kaldu bubuk/penyedap rasa
  17. 1 sdt garam
  18. 1 sdm kecap manis
  19. 300 ml santan kental/1 bungkus santan instant

Langkah-langkah untuk membuat Mangut Iwak Manyung

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu iris, klo bumbu mau di uleg juga boleh.
  2. Daging iwak manyung di bersihkan dulu ya di air mengalir, karena ikan ini sudah matang, tp boleh juga klo mau di goreng tapi bentar aja biar bau2 asapnya tdk hilang.
  3. Panaskan minyak, tumis bawang merah dulu sampe harum dan kecoklatan. Kemudian masukan semua bumbu iris tumis hingga harum.
  4. Tuang air dan masukan ikannya. Aduk2 dan beri bumbu lain : garam, lada, penyedap rasa dan kecap. Aku pake kecap nya dikit karna ini manis nya udah pas. Tapi kalo yg suka manis bisa di tambah lagi. Masak hingga tanak
  5. Sajikan deh.. pas anget2 maem sama nasi putih.. hmmm yummy🤤.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Mangut Iwak Manyung yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.