Mangut Lele>

Anda sedang mencari inspirasi resep Mangut Lele yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Mangut Lele yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Mangut Lele, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Mangut Lele enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Mangut Lele sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Mangut Lele memakai 19 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Salah satu makanan khas Jogja adalah Mangut Lele. Yang identik dengan rasa pedasnya. Banyak banget rekomendasi tempat makan mangut lele di Jogja, salau satunya ada Mangut Lele Mbah Marto. Jadi awalnya dulu mbah Marto itu berjualan keliling, kemudian semenjak tahun 1989 mbah Marto mulai berjualan di rumahnya sendiri, dengan lauk yang disajikan di amben (balai² bambu). Kalau bagi aku, lebih suka mangut lele dengan sedikit sentuhan daun kemangi. Entah lbh seneng aja, lbh sedep gitu rasa kuahnya. Sebenernya mangut lele itu memang enaknya pedas, tapi karna lambungku ndk bisa kena cabe apalagi pedas, jadi cabenya aku sesuaikan saja. Karna ndk ada stok daun kemangi, jadi aku bikin sesuai bahan yang ada saja. #JogjaYangSlaluDirindukan #KhasJogjaIstimewa #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #dapursandra_lele

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Mangut Lele:

  1. Bahan 1 :
  2. 6 siung bawang merah, iris halus
  3. 3 siung bawang putih, iris halus
  4. Bahan 2 : (bumbu halus)
  5. 6 buah cabe merah
  6. 2 cm kencur
  7. 1 cm kunyit
  8. 2 biji kemiri, sangrai
  9. Bahan 3 :
  10. 6-8 buah cabe rawit utuh
  11. 3 lembar daun jeruk
  12. 2 cm lengkuas, geprek
  13. 2 batang serai, geprek
  14. Bahan 4 :
  15. 3 buah lele goreng
  16. 800 ml santan
  17. 1 sdm gula merah, sisir
  18. 1 sdt garam, sesuai selera
  19. 1 sdt kaldu bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Mangut Lele

  1. Panaskan minyak dalam teflon, tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai layu dan harum.
  2. Lalu masukkan bumbu halusnya, tumis sampai harum.
  3. Tambahkan cabe rawit utuh, serai geprek, lengkuas geprek dan daun jeruk. Tumis sampai berubah warna.
  4. Tuang secukupnya santan, garam, gula merah sisir, kaldu bubuk. Aduk merata. Biarkan sampai mendidih, sambil di aduk² terus, agar santannya tidak pecah.
  5. Masukkan lelenya, aduk merata. Masak sampai bumbu meresap. Koreski rasa dan angkat.
  6. Sajikan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Mangut Lele yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.