Soto ayam jawa>

Anda sedang mencari inspirasi resep Soto ayam jawa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Soto ayam jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Soto ayam jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Soto ayam jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Soto ayam jawa adalah 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Soto ayam jawa diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto ayam jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto ayam jawa memakai 35 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya dan keluarga paling suka dengan yang namany soto, mau soto apa aja jenisnya semua suka, kalo keluar kota pasti yg dicari soto ciri khas daerah tersebut, soto jawa adalah yg paling umum dimana2 mudah di dapatkan. Kali ini bikin soto jawa kebetulan ada sayap ayam ras dan sedikit ayam kampung, saran saya sih pake ayam kampung aja semua biar nampol kalduny karena dirumah adanya itu ya udah deh😅 masak yg ada bahanny aja, alhamdulillah nikmat banget pokoknya dimakan bersama keluarga tercinta, 🤤😊 Source :IG lilik_indrayani_81 #BarapiManjuhu #Manuk #Cookpadcommunity_kalteng #cookpadcommunity_Borneo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto ayam jawa:

  1. 1/2 ekor ayam kampung dan ayam ras bagian sayap
  2. 4 batang serei geprek
  3. 10 lembar daun jeruk segar
  4. 6 lembar daun salam kering
  5. 2 jempol laos, geprek
  6. 1 batang daun bawang iris tebal
  7. 2 sdm Bawang putih goreng crispy
  8. 1 sdt penuh ketumbar bubuk
  9. secukupnya Merica bubuk
  10. secukupnya Kaldu bubuk
  11. secukupnya Garam
  12. secukupnya Gula
  13. Air 4, 5 liter
  14. Minyak untuk menumis
  15. Bumbu halus :
  16. 22 siung bawang putih
  17. 22 siung bawang merah
  18. 1,5 jempol jahe
  19. 10 biji kemiri
  20. 15 gram/ 1,5 kencur potong2 sangrai
  21. 3/4 kunyit potong2 sangrai
  22. Bahan pelengkap :
  23. Nasi /lontong
  24. Telur puyuh rebus
  25. Suiran ayam goreng bumbu kuning
  26. Keripik kentang
  27. Soun
  28. Bawang goreng
  29. Sambal
  30. Jeruk nipis
  31. Kecap manis
  32. Irisan daun seledri
  33. Kerupuk
  34. Cambah pendek
  35. Irisan tipis kol

Langkah-langkah untuk membuat Soto ayam jawa

  1. Rebus air sampai mendidih, masukkan ayam masak sampai menjadi kaldu. Siapkan bumbu halus blender sampai halus
  2. Tumis dengan minyak, pastikan masak bumbu sampai tanak minyak terpisah dan bumbu berwarna kuning kecoklatan tetapi tidak gosong. Masukkan bumbu daun jeruk, salam, sereh geprek, ketumbar bubuk masak sampai layu
  3. Masukkan dalam rebusan ayam, masak sampai mendidih. Masukkan garam, merica, gula, kaldu bubuk tambahkan daun bawang dan bawang putih goreng. Matikan api.
  4. Ambil ayam, tiriskan airnya lalu goreng. Suir suir ayamnya
  5. Penyelesaian : Siapkan nasi tambahkan bahan pelengkap masukkan dalam mangkok saji. Sajikan selagi hangat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Soto ayam jawa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.